3 Anak Kecil Tewas Diserang Singa di Tanzania

By Nad

nusakini.com - Internasional - Tiga anak kecil tewas diserang segerombolan Singa di dekat suaka margasatwa Ngorongoro, Tanzania, ketika mereka sedang mencari hewan ternak yang hilang, menurut laporan polisi lokal.

Para anak kecil ini, yang berusia antara 9 hingga 11 tahun, tiba di rumah mereka dari sekolah pada hari Senin (2/8) dan kemudian pergi ke sebuah hutan di dekat daerah konservasi Ngorongoroo untuk mencari hewan yang hilang, menurut kepala polisi Arusha, Justine Masejo.

Masejo pada hari Kamis (5/8) mengatakan anak-anak itu kemudian diserang oleh singa yang menewaskan tiga dari mereka, dan melukai satu lainnya.

Ngorongoro di Tanzania merupakan situs warisan dunia yang menampung satwa liar, termasuk kucing besar seperti singa, cheetah, dan macan tutul.

Masejo memperingatkan komunitas nomaden di sekitar daerah konservasi untuk berhati-hati terhadap hewan liar, apalagi ketika mereka meminta tolong anak kecil untuk menjaga hewan ternak mereka. Masejo menegaskan langkah ini akan membantu melindungi anak-anak dan keluarga mereka.

Tanzania mengizinkan beberapa komunitas seperti Maasai, yang menggembalakan hewan ternak mereka dengan hewan liar, untuk tinggal di taman-taman nasional. Namun, mereka sering berkonflik dengan hewan seperti singa dan gajah yang memiliki potensi menyerang manusia, ternak, dan menghancurkan panen.

Tahun lalu, Tanzania memindahkan 36 singa dari taman nasional Serengeti setelah mereka menyerang manusia dan hewan ternak dari komunitas sekitar.